Penyusunan Draft Kurikulum Navigasi Dan Pemetaan

Bencana bisa terjadi kapan saja, kondisi siap atau pun tidak siap. indonesia sebagai negara dengan ancamanĀ  bencana yang sangat tinggi memerlukan upaya kesiapsiagaan yang baik. Salah satu bentuk kesiapsiagaan melalui penyaiapan pemetaan dan navigasi yang tepat saat pra bencana.
Tugas fungsi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaksanakan pembinaan kemampuan personel Penanggulangan Bencana dalam menanggulangi bencana. melalui Pusdiklat PB BNPB memberikan pelatihan mengenai navigasi dan pemetaan untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan serta meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam baik yang bersekala regional, nasional dan daerah yang terjadi di Indonesia hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Kurikulum dan Penyelenggaraan Drs. Hermana, disaat membuka acara penyusunan draft kurikulum navigasi dan pemetaan yang diselenggarakan di Hotel Millennium, jakarta, 28 s.d 31 juli 2013.

art4

Lebih lanjut Sri Hidayati dan Zulfikri (PUSKUR) menyampaikan bahwa dalam penyusunan draft kurikulum navigasi dan pemetaan disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan setiap jenjang pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan tersebut serta kebutuhan lapangan kerja, lama waktu dalam kurikulum biasanya disesuaikan dengan maksud dan tujuan dari sistem pendidikan yang dilaksanakan. kurikulum dimaksudkan untuk dapat mengarahkan pendidikan menuju dan tujuan yang dimaksudkan dalam kegiatan pembelajaran secara menyeluruh.

Lebih lanjut Sri Hidayati dan Zulfikri (PUSKUR) menyampaikan bahwa dalam penyusunan draft kurikulum navigasi dan pemetaan disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan setiap jenjang pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan tersebut serta kebutuhan lapangan kerja, lama waktu dalam kurikulum biasanya disesuaikan dengan maksud dan tujuan dari sistem pendidikan yang dilaksanakan. kurikulum dimaksudkan untuk dapat mengarahkan pendidikan menuju dan tujuan yang dimaksudkan dalam kegiatan pembelajaran secara menyeluruh.

Komponen kurikulum, salah satu fungsi mencapai tujuan pendidikan yang pada dasarnya memiliki komponen pokok dan komponen penunjang yang saling berkaitan dan berinteraksi satu sama lainnya dalam rangka mencapai tujuan tersebut, komponen merupakan satu sistem dari berbagai komponen yang saling berkaitan dan tidak bisa dipisahkan satu sama lainnya, sebab kalau satu komponen saja tidak ada atau tidak berjalan sebagaimana mestinya.

art5

Melalui kegiatan penyusunan draft kurikulum navigasi dan pemetaan ini diharapkan mampu menjadi media sarana pembelajaran dalam bidang pengetahuan dan peningkatan Sumber Daya Manusia Aparatur di BPBD

Provinsi/ Kabupaten/ Kotamadya dan BNPB Pusat.( Ros )
Contoh : Draft Dokumen Kurikulum Navigasi dan Pemetaan

art7

Hasil Revisi :
Pemetaan

art8

Navigasi

art9

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s