BNPB LATIH 40 ORANG TENAGA TEKNIS LAPANGAN PB BPBD SE-PROVINSI SULAWESI SELATAN

Pada tanggal 5 – 9 April 2011 bertempat di Hotel Singgasana, Kota Makassar, Pusdiklat PB BNPB menyelenggarakan Pelatihan Teknis Lapangan Penanggulangan Bencana yang diikuti oleh 40 orang terdiri dari pegawai BPBD Provinsi dan Kabupaten/Kota di lingkungan Provinsi Sulawesi Selatan. Pelatihan ini mencakup pelatihan indoor dan outdoor, dimana untuk pelatihan outdoor dengan materi membangun shelter, dapur umum lapangan serta evakuasi dan penyelamatan yang dilaksanakan di Dermaga Pantai Akkarena, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.
Dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Penanggulangan Bencana (Pusdiklat PB) BNPB, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana menyatakan bahwa upaya penanggulangan bencana di Indonesia sesuai amanat Undang-Undang No. 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana telah merubah paradigma penanggulangan bencana dari yang sebelumnya bersifat responsif pada saat bencana terjadi juga penanggulangan bencana memperhatikan pada upaya-upaya pengurangan risiko bencana dan kesiapsiagaan.
Selanjutnya Kepala BNPB menekankan pentingnya penguatan kelembagaan melalui pembentukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, mengingat hampir seluruh wilayah di Indonesia merupakan daerah rawan bencana.
Dengan diselenggarakannya Pelatihan Teknis Lapangan Penanggulangan Bencana ini diharapkan para peserta pelatihan akan memperoleh pemahaman dan peningkatan keterampilan teknis dalam penanggulangan bencana yaitu antara lain keterampilan Praktek evakuasi, Pengelolaan shelter dan pendirian tenda, Pengelolaan dapur umum, serta menguji kesiapan peralatan penanggulangan bencana yang ada di lingkungan BPBD Provinsi Sulawesi Selatan. Pelatihan ini memberikan pembekalan kepada para peserta, baik berupa teori (indoor) maupun praktek (outdoor) dengan harapan peserta dapat menyampaikan ilmu yang telah diperoleh kepada pegawai BPBD di unit kerjanya maupun masyarakat di sekitarnya, sehingga paradigma baru penanggulangan bencana tersebut dapat tercapai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s