Pusdiklat PB BNPB Menyelenggarakan Pelatihan Dasar Manajemen Bencana Di Provinsi Sumatera Selatan

Bertempat di Hotel Sandjaja, Kota Palembang, Pusdiklat PB BNPB pada tanggal 3 – 7 Mei 2011 menyelenggarakan Pelatihan Dasar Manajemen Bencana yang diikuti oleh 50 orang terdiri dari BPBD Provinsi dan Kabupaten/Kota di lingkungan Provinsi Sumatera Selatan.

Dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Penanggulangan Bencana (Pusdiklat PB) BNPB, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana menyatakan bahwa peran dari aparatur terkait dalam  penanggulangan bencana masih perlu ditingkatkan baik pada tataran konseptual kebencanaan, manajerial maupun teknis lapangan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing. Sebagai dasar dalam menjalankan perannya, aparatur penanggulangan bencana tersebut memerlukan pengetahuan yang memadai dalam hal penanggulangan bencana, salah satunya adalah pengetahuan dasar manajemen bencana sebagai pondasi dasar dalam merubah paradigma  penanggulangan bencana yang selama ini dilakukan.

Lebih lanjut Kepala BNPB menekankan bahwa upaya pengurangan resiko bencana memerlukan kerjasama yang menyeluruh dari  semua  pihak, baik pemerintah/aparatur, masyarakat maupun dunia usaha. Karena disadari bahwa Pemerintah tidak akan mampu melakukan upaya pengurangan resiko bencana atau penangulangan bencana hingga pada tataran akar rumput tanpa didukung oleh berbagai pihak. Disini peran aparatur sangat diperlukan dalam rangka mendorong peran serta masyarakat untuk melakukan upaya-upaya pengurangan resiko.

Dengan diselenggarakannya Pelatihan Dasar Manajemen Bencana ini diharapkan para peserta pelatihan akan memperoleh pemahaman dan pengetahuan mengenai  ilmu-ilmu dasar dalam manajemen bencana yaitu antara lain pencegahan, mitigasi, kesiapsiagaan, tanggap darurat dan pemulihan, rehabilitasi dan rekonstruksi, pengelolaan logistik dan peralatan serta membekali para peserta di lingkungan BPBD Provinsi Sumatera Selatan dengan pengetahuan mengenai perencanaan dalam penanggulangan bencana. Pelatihan ini memberikan pembekalan kepada para peserta dengan harapan mereka dapat menyampaikan ilmu yang telah diperoleh kepada pegawai BPBD di unit kerjanya maupun masyarakat di sekitarnya, sehingga pelatihan ini sekaligus dapat mensosialisasikan upaya penanggulangan bencana secara komprehensif oleh pemerintah dan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s