Pusdiklat PB BNPB Latih 50 Orang Tenaga Manajerial Penanggulangan Bencana di Prov Sulawesi Tenggara

Sebagai lanjutan agenda Pusat Pendidikan dan Pelatihan Penanggulangan Bencana (Pusdiklat PB) BNPB tahun 2011, pada tanggal 7 s/d 11 Juni 2011 bertempat di Hotel Horison, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara diselenggarakan kegiatan pelatihan Dasar Manajemen Bencana. Adapun peserta pelatihan berjumlah  50 orang terdiri atas pegawai pada BPBD Provinsi dan Kabupaten/Kota di lingkungan Provinsi Sulawesi Tenggara.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kapusdiklat PB BNPB menyatakan bahwa sejalan dengan semakin meningkatnya intensitas bencana di Indonesia, pemerintah Indonesia pada dasarnya telah banyak belajar dan berperan aktif dalam upaya penanggulangan bencana tersebut, sebagaimana dinyatakan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam pidatonya ketika penganugerahan penghargaan Global Champion on Disaster Risk Reduction di Genewa Swiss peran pemerintah tersebut diantaranya adalah mengubah paradigma penanggulangan bencana dari reaktif ke proaktif, menciptakan upaya penanggulangan yang komprehensif dan mencakup semua aspek pembangunan nasional, menanamkan budaya keselamatan nasional, mengupayakan penanggulangan berbasis masyarakat, dan meningkatkan efektivitas kepemimpinan daerah. Untuk itu diperlukan kinerja yang baik dari pegawai BNPB dan BPBD sebagai lembaga negara yang melaksanakan fungsi koordinasi, komando dan pelaksana penanggulangan bencana di Indonesia.

Oleh karena itu, upaya peningkatan kualitas dan kinerja pegawai BPBD mutlak diperlukan dalam rangka penyelenggaraan penanggulangan bencana yang lebih baik tersebut. Pelatihan Dasar Manajemen Bencana ini merupakan salah satu implementasi dari upaya tersebut. Pelatihan ini merupakan pelatihan yang bersifat manajerial, dimana para peserta akan dibekali dengan berbagai pengetahuan dasar penanggulangan bencana yang wajib diketahui sebagai pondasi bagi pelaksanaan tugasnya, untuk kemudian disosialisasikan di instansi maupun masyarakat di sekitarnya. Melalui Pelatihan Dasar Manajemen Bencana ini diharapkan para peserta pelatihan akan memperoleh peningkatan keterampilan manajerial dalam penanggulangan bencana yaitu diantaranya pencegahan, mitigasi, kesiapsiagaan, tanggap darurat dan pemulihan, rehabilitasi dan rekonstruksi, pengelolaan logistik dan peralatan serta membekali para peserta di lingkungan BPBD Provinsi Sulawesi Tenggara dengan pengetahuan mengenai perencanaan dalam penanggulangan bencana. Pelatihan ini memberikan pembekalan kepada para peserta dengan harapan mereka dapat menyampaikan ilmu yang telah diperoleh kepada pegawai BPBD di unit kerjanya maupun masyarakat di sekitarnya, sehingga pelatihan ini sekaligus dapat mensosialisasikan upaya penanggulangan bencana secara komprehensif oleh pemerintah dan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s