PUSDIKLAT PB BNPB MENYELENGGARAKAN LATIHAN PENGEMBANGAN KAPASITAS TINGKAT BIDANG DAN GABUNGAN SATUAN REAKSI CEPAT WILAYAH TIMUR

Berbagai bencana yang sering terjadi di wilayah Indonesia memerlukan upaya untuk menanggulanginya. Sebagai langkah awal diperlukan komitmen dari semua komponen bangsa baik pemerintah, swasta dan masyarakat secara bersama-sama melaksanakan upaya sinergis dan terintegrasi dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi dan melaksanakan penanggulangan bencana alam yang salah satunya diwujudkan dengan pembentukan SRC PB Wilayah Barat dan Wilayah Timur.

BNPB sebagai lembaga yang membawahi personil SRC PB mempunyai tugas dan fungsi melaksanakan pembinaan terhadap peningkatan kemampuan personel SRC PB dalam penanggulangan bencana alam melalui latihan dengan standar tertentu agar mendapatkan bekal pengetahuan dan keterampilan serta memiliki kesiapsiagaan yang tinggi dalam menghadapi bencana alam baik yang berskala regional, nasional dan daerah yang terjadi di wilayah Indonesia.

Pembinaan yang dilakukan BNPB melalui Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) PB BNPB mencakup penyiapan personel SRC PB Wilayah Barat dan Timur guna mengantisipasi kemungkinan bencana alam yang terjadi dengan melaksanakan tindakan Mitigasi, Kesiapsiagaan dan Tanggap Darurat, Meningkatkan kesiapsiagaan SRC PB Wilayah Barat  dan Timur dalam mengantisipasi dan melaksanakan operasi penanggulangan bencana alam secara nasional dan bantuan kemanusiaan luar negeri, serta meningkatkan profesionalitas personel SRC PB dalam kemampuan teknis dan taktis serta kerjasama setiap bidang dan seksi dalam organ SRC PB Wilayah Barat  dan Timur.

Penyelenggaraan pembinaan terhadap personel SRC PB tersebut diwujudkan oleh Pusdiklat PB BNPB melalui Latihan Pengembangan Kapasitas Tingkat Bidang dan Gabungan Satuan Unit SRC PB Wilayah Timur yang dilaksanakan pada tanggal 15 s.d. 21 Oktober 2012 yang lalu di Hotel Batu Suki Resort, Kota Batu, Jawa Timur dengan kegiatan gladi lapangan yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Air Terjun Coban Rondo, Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Kegiatan ini diikuti oleh 40 orang personel SRC PB tingkat bidang dan 111 orang personel SRC PB tingkat Gabungan Satuan dengan sasaran untuk meningkatkan kemampuan personel SRC PB Wilayah Timur dalam hal mengantisipasi kemungkinan bencana alam yang terjadi,  meningkatkan kesiapsiagaan personel SRC PB Wilayah Timur dalam mengantisipasi dan melaksanakan operasi penanggulangan bencana secara nasional dan bantuan kemanusiaan luar negeri, agar personel SRC PB Wilayah Wilayah Timur dapat memahami dan mengaplikasikan peranannya dalam operasi penanggulangan bencana, serta meningkatkan profesionalitas personel SRC PB Wilayah Barat dan Timur dan terciptanya kerjasama dalam hal kemampuan teknis dan taktis dalam setiap bidang dan seksi.

Metodologi yang dilaksanakan pada latihan ini mencakup yang pertama adalah sesi Akademis/Pembekalan dimana dalam sesi ini para peserta diberi materi pembekalan terkait dengan Konsep SRC dan SOP, Manajemen Tanggap Darurat, Kepemimpinan, Manajemen Posko, Manajemen Informasi dan Incident Command System.

Yang kedua adalah sesi Table Top Exercise (TTX) dimana dalam sesi ini dilakukan latihan untuk  merespon terhadap skenario bencana yang telah disiapkan.

Sesi yang ketiga adalah Gladi Posko – Command Post Exercise (CPX) dimana dalam sesi ini dilakukan latihan ruangan berbasis skenario bencana untuk  merespon terhadap bencana yang terjadi.

Sesi keempat berupa Gladi Lapang – Field Training Exercise (FTX) untuk mempraktekkan penguasaan pengetahuan ke 151 peserta gabungan tingkat bidang dan satuan SRC PB dalam menjalankan misi penindak awal saat bencana sesuai dengan skenario.

  

  

Melalui Latihan Pengembangan Kapasitas Tingkat Bidang dan Gabungan Satuan Unit Satuan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana Wilayah Timur ini diharapkan akan membentuk dan meningkatkan semangat korsa sebagai satuan reaksi cepat yang memiliki kompetensi dalam melaksanakan operasi bantuan kemanusian akibat bencana.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s