LATIHAN PENGEMBANGAN KAPASITAS TINGKAT BIDANG DAN GABUNGAN SATUAN UNIT SRC PB WILAYAH BARAT

Di dalam melaksanakan tugas bantuan kemanusiaan, kalender yang haru dipakai oleh pelaku penanggulangan bencana mengikuti kalender bencana dan bukan kalender kerja yang biasa, karena bencana tidak mengenal hari, minggu, bulan dan tahun namun harus dapat beroperasi 24/7, demikian disampaikan oleh Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB, Ir. Sugeng Triutomo saat membuka Latihan Pengembangan Kapsitas Tingkat Bidang dan Gabungan Satuan Unit SRC PB Wilayah barat yang dilaksanakan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) PB BNPB di Hotel Desa Gumati, Sentul, Bogor, Jawa Barat pada tanggal 28 Oktober s.d. 3 November 2012, dengan kegiatan geladi lapangan dilaksanakan di Kompleks Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) Sentul, Jawa Barat.

Intensitas bencana, skala bencana dan kompleksitas penanganan bencana cenderung semakin meningkat dari tahun ke tahun. Untuk itu diperlukan penanganan bencana yang kreatif, inovatif dan kontemporer dengan berbasis pada pengetahuan dan teknologi serta tetap mempertimbangkan kearifan lokal. Untuk itu SRC-PB harus terus meningkatkan kapasitasnya melalui Latihan-Latihan dan praktek lapangan sehingga memenuhi kompetensi standar yang diharapkan. Sebagai mana diperintahkan oleh Presiden RI, Satuan ini harus terdiri dari personel yang mumpuni yang memiliki kelas dunia karena memang tugas utama yang dibebannya adalah sebagai satuan penindak awal dalam tanggap darurat bencana.

 

Strategi yang akan diterapkan dalam mewujudkan personil SRC PB yang handal dan berkelas dunia tersebut yaitu:

1.     Pemilihan anggota SRC-PB secara selektif dengan penetapan kriteria kompetensi dan profesionalitas yang terukur

2.     Latihan yang tersistem dengan metode Latihan yang berjenjang, bertingkat dan berkelanjutan

3.     Menyiapkan kurikulum yang berbasis pada kompetensi

4.     Penyediaan tenaga pendidik/Pelatih yang profesional

5.     Memperbanyak kesempatan anggota SRC-PB untuk melakukan operasi kedaruratan sebagai bagian dari bantuan kemanusiaan sekaligus menguji dan meningkatkan kompetensi di bidangnya

6.     Menyediakan fasilitas dan peralatan yang memadai untuk kepentingan latihan dan operasi bantuan kemanusiaan

7.     Memberikan kesempatan untuk memperoleh pendidikan dan Latihan yang dibutuhkan pada tingkat nasional dan internasional.

Oleh karena itu, Pusdiklat PB BNPB mewujudkannya melalui latihan, yang mana salah satunya adalah Latihan Pengembangan Kapasitas Tingkat Bidang dan Gabungan Satuan Unit SRC PB Wilayah Barat ini. Kegiatan ini terdiri atas 4 sesi yaitu Sesi Pembekalan Materi, Sesi Gladi Ruang (Table Top Exercise-TTX), Sesi Gladi Posko (Command Post Exercise-CPX) dan Gladi Lapang (Field Training Exercise-FTX).

Sesi Pembekalan Materi dilaksanakan selama 2 hari dengan kegiatan berupa pemberian materi di dalam ruangan dengan narasumber dari BNPB maupun kementrian/lembaga terkait penanggulangan bencana, Sesi Gladi Ruang (Table Top Exercise-TTX) merupakan latihan bagi personil SRC PB Tingkat manajerial yang bertujuan untuk mereview SOP yang pernah disusun untuk kemudian disempurnakan kembali. Sesi Gladi Posko (Command Post Exercise-CPX) adalah latihan pengelolaan posko bencana ketika tim SRC PB sampai di tempat kejadian bencana. Sedangkan sesi Gladi Lapang (Field Training Exercise-FTX) berisi latihan gabungan antara personil SRC PB tingkat bidang dan satuan yang melakukan kegiatan dengan didasarkan pada scenario yang telah dibuat oleh para pengendali latihan, dengan harapan para personil akan merasakan situasi saat melakukan kegiatan tanggap darurat bencana.

Kegiatan latihan ini merupakan rangkaian dari latihan-latihan bagi personil SRC yang dilaksanakan secara bertahap, berjenjang dan berlanjut, yang dalam tahun anggaran 2012 akan ditutup dengan latihan tingkat Gelar yang segera akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s