TRAINING OF TRAINERS INCIDENT COMMAND SYSTEM (ICS)

1296Pada tanggal 4 Maret 2012 pukul 09.00 telah dibuka Pelatihan Training of Trainers Incident Command System (ICS) – Integrated Planning Section yang secara resmi dibuka oleh Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan PB – BNPB, Ir. B. Wisnu Widjaja, M.Sc.

Pelatihan ini berlangsung selama 5 hari ke depan yang berfokus kepada Substansi Incident Command System yang awalnya diciptakan oleh USFS (United States Forest Service) dan diaplikasikan oleh FEMA (US Federal Emergency Management Agency) yang merupakan Institusi Penanggulangan Bencana Amerika Serikat. Saat ini ICS telah diadaptasikan penggunaannya di 35 negara. Pelatihan ini difasilitasi oleh fasilitator dan narasumber yang sangat berkompeten dan berpengalaman mengaplikasikan ICS selama lebih dari 35 tahun untuk USFS dan FEMA ialah Mrs. Marg Olsen, Mr. Rusty Witwer, dan Mr. Dennis Orbus.Pelatihan yang dihadiri 28 Peserta dari personil dari Unsur BNPB termasuk Kapusdiklat BNPB dan Direktur Kesiapsiagaan BNPB, BPBD Provinsi/kab/Kota, juga dari perwakilan K/L dan TNI, serta Organisasi baik Nasional maupun Internasional, lembaga dibawah PBB.

Tujuan pelatihan untuk menambah wawasan yang komprehensif sekaligus mendalam mengenai Incident Command System yang nantinya akan diadaptasikan  dan diterapkan ke dalam Sistem Komando Tanggap Darurat Bencana yang telah dimiliki Indonesia melalui Perka BNPB 10 tahun 2008.

foto_2Pelatihan ini adalah pelatihan ketiga yang dilaksanakan pada tahun 2013. Pada 2 minggu yang lalu telah dilaksanakan Pelatihan TOT ICSAll Hazard Incident Management Team bagi para Pelaku Penanggulangan Bencana yang dihadiri oleh SRC Wilayah Barat dan SRC Wilayah Timur, BNPB dan BPBD DKI Jakarta yang diselenggarakan di Hotel Merlynn Park Jakarta Pusat pada tanggal 17-23 Februari 2013. Tujuan dari latihan ini adalah membentuk tim yang memiliki kemampuan untuk mengimplementasikan ICS pada saat kondisi darurat bencana di suatu wilayah.

Pelatihan yang kedua ialah pada minggu lalu (24 Februari s.d 1 Maret 2013) berupa Pelatihan Training of Trainers – Facilitative Instructor bagi para Master Trainers yang diselenggarakan di Hotel Lorin Sentul Jawa Barat. Pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan pembekalan dan penetapan para calon fasilitator pelatihan ICS di Indonesia.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana bekerjasama dengan USAID dan US Forest Service mempunyai program untuk bidang penguatan kapasitas Penanggulangan bencana di Indonesia. Program ini akan dilaksanakan untuk kurun waktu 2012 – 2013.

foto_3.jpgKegiatan ini meliputi Serangkaian Kegiatan Pelatihan, antara lain Sosialisasi mengenai National Incident Management System dan Incident Management System untuk para pembuat kebijakan. Program pelatihan ICS tersebut dimaksudkan sebagai sarana untuk memperkuat sistem komando tanggap darurat bencana di Indonesia. Disamping itu juga akan diselenggarakan pelatihan perancangan latihan (Exercise Desain).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s