Pusdiklat akan melaksanakan Pelatihan SRC PB Wilayah Timur/Barat

Jakarta(4/09), Pusdiklat PB dalam Program Kerja Tahun 2013 akan menyelenggarakan Pelatihan Penanggulangan Bencana Tingkat Bidang dan Satuan SRC PB Wilayah Timur dan Barat pada tanggal 07 s.d 15 Oktober 2013 SRC – PB  Timur (jadwal masih tentative) dan SRC – Barat 20 s.d 26 Oktober 2013 (jadwal masih tentative), tujuan pelaksanaan latihan tersebut adanya penyiapan personel SRC PB Wilayah Timur guna mengantisipasi kemungkinan bencana alam yang akan terjadi dengan melaksanakan tindakan Mitigasi, Kesiapsiagaan dan Tanggap Darurat; Meningkatkan kesiapsiagaan SRC PB Wilayah Timur dalam mengantisipasi dan melaksanakan operasi penanggulangan bencana alam secara nasional dan bantuan kemanusiaan luar negeri; serta meningkatkan profesionalitas personel SRC PB Wilayah Timur dalam kemampuan teknis dan taktis serta kerjasama setiap bidang dan seksi dalam organisasi SRC PB Wilayah Timur. Sambutan yang disampaikan oleh Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Wisnu Widjaja) dalam membuka rapat penyusunan pembahasan rencana pelatihan SRC PB Wilayah Timur pada tanggal 1 s.d 4 September 2013  di The Media Hotel Jl. Gunung Sahari Raya Nomor 31 Jakarta 10720 – Indonesia rapat dihadiri oleh Anggota SRC PB Wilayah Timur dan SRC PB Wilayah Barat.

Materi yang disampaikan dalam rapat perencanaan pelatihan SRC PB berdasarkan kurikulum SRC PB diantara Manajemen posko, kepemimpinan/leadership; manajemen tanggap darurat, IMDP; problem solving; metode pengambilan keputusan; sistem penanggulangan bencana; Incident Command System (ICS); Table Top Exercise; Command Post Exercise; serta Field Exercise.

Peserta pelatihan SRC PB berjumlah 151 yang terdiri dari setiap bidang: latihan Bidang 40 orang, Latihan Satuan 111 orang serta penyelenggaran kegiatan berjumlah 29 orang. Diharapkan dalam pelaksanaan ini dapat berjalan dengan baik dan meningkatkan profesionalitas personel SRC PB dalam menghadapi bencana Nasional atau Luar sehingga personel telah dibekali dengan kemampuan pengetahunan dalam penanggulangan bencana sehingga adanya pengurangan risiko bencana. (Ros)

One thought on “Pusdiklat akan melaksanakan Pelatihan SRC PB Wilayah Timur/Barat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s