BPBD TAMBRAUW PROVINSI PAPUA BARAT BEKERJA SAMA DENGAN PUSDIKLAT PB MELAKSANAKAN PELATIHAN TEKNIS OPERASIONAL PENANGGULANGAN BENCANA

ros_1(12/09) Banyak orang akan setuju bila dikatakan bahwa saat ini Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang paling sering terkena bencana, seperti gempa bumi, tsunami, banjir, tanah longsor, gunung meletus, angin puyuh, wabah penyakit,kurang gizi, bom yang ada di dapur – dapur rumah tangga, konflik antar kelompok masyarakat, teror dan kerusuhan. Salah satu sikap masyarakat Indonesia yang sangat terpuji adalah berjiwa gotong – royong dan saling tolong – menolong. Segera setelah bencana terjadi, masyarakat akan berupaya menolong sesama yang terkena dampak bencana, dan apabila bencana tergolong bersekala besar maka negara senantiasa bertanggung jawab dan ikut menanggulangi. Kabupaten Tambrauw adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Papua Barat, Indonesia. Pusat pemerintahan berada di Fef. Dasar Hukum pembentukan kabupaten ini adalah undang – undang Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 56 dengan perubahan Pasal 3 ayat (1) sesuai Keputusan Mahkamah Konstitusi RI Nomor 127/PUU-VII/2009, tanggal 25 Januari 2009. Kabupaten ini diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri Indonesia, Mardiyanto pada 29 Oktober 2008. Hal itu disampaikan oleh Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Ir. B. Wisnu Widjaja, Msc

ros_2saat membuka acara Pelatihan Operasional Penanggulangan Bencana yang diselenggarakan di Hotel Puri Avia Jl. Raya Puncak Km 65 No 179 Cipayung, Bogor 16750, 12 s.d 14 September 2013.

Lebih Lanjut Kepala Bidang Kedaruratan Nimrot Waniopi, STH , Melihat kondisi geografis dan kerawanan terhadap bencana alam gempa dan Tsunami, maka perlu kesiap – siagaan bagi pemerintah daerah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk menghadapi risiko bencana. Selain menyiapkan masyarakat, BPBD juga setidaknya memiliki kesiapan dalam melaksanakan tanggap darurat jika terjadi bencana alam.

ros_3Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah memberikan dukungan peralatan keseluruh BPBD di Indonesia, yang mana peralatan tersebut dapat digunakan untuk kesiapan dan tanggap darurat saat bencana. Dukungan peralatan BNPB seperti hunian darurat (tenda), transportasi, dapur lapangan, alat komunikasi, perahu karet serta peralatan lainnya. Demi mendukung kesiapan BPBD Kabupaten Tambrauw Provinsi Papua Barat dalam menghadapi ancaman bencana, maka diperlukan pelatihan untuk peningkatan kapasistas BPBD dan tim penanggulangan bencana yang terkait dalam menggunakan peralatan tanggap darurat yang telah di distribusikan oleh BNPB. Pusat Pendidikan dan Pelatihan (PUSDIKLAT PB) BNPB bekerja sama dengan BPBD Kabupaten Tambrauw Provinsi Papua Barat melakukan Pelatihan Teknis Operasional Penanggulangan Bencana untuk meningkatkan Kapasistas BPBD Kabupaten Tambrauw Provinsi Papua Barat  dalam penanggulangan bencana, sehingga dapat mengurangi risiko dan dampak bencana yang lebih luas.

Tujuan Pelatihan ini, meningkatkan pengetahuan peserta terhadap manajemen bencana dan tindakan operasi tanggap darurat secara teknis untuk menghadapi ancaman alam, peserta mampu menggunakan peralatan dan logistik, meningkatakan SDM dalam kesiapsiagaan dan tanggap darurat. (ros)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s