BIRO HUKUM KERJASAMA MENYELENGGARAKAN KEGIATAN LOKAKARYA ASESSOR KOMPETENSI KERJA

Pada kontek pelaksanaan uji kompetensi atau penilaian berbasis kompetensi, seorang assessor uji kompetensi memiliki peran penting dan menentukan dalam mencapai kualitas uji kompetensi yang diharapkan. Seorang assessor tidak hanya memiliki tugas untuk mengarahkan dan membimbing peserta uji kompetensi (Assesse) dalam proses uji kompetensi, lebih dari itu juga diharapkan berfungsi sebagai fasilitator yang mampu mendorong dan membimbing peserta untuk menjalankan proses pembelajaran secara mandiri (self learning) dalam mencapai kompetensi yang dipersyaratkan.

ros_i2Melihat peran penting dari seorang assessor, perlu dipersiapkan suatu mekanisme dan prosedur dalam mempersiapkan, menyeleksi, melatih, mensetifikasi dan mengembangkan seoarang asesor untuk mencapai kompetensi yang dipersyaratkan. Biro Hukum dan Kerjasama BNPB pada tanggal 23 s.d 27 September 2013 melaksanakan kegiatan Lokakarya Asessor Kompetensi Sektor Penanggulangan Bencana, dilaksanakan di The Jayakarta Hotel & Resort , Bogor dengan jumlah peserta sebanyak 37 (tiga puluh tujuh) orang, yang berasal dari  BNPB, Kementerian/Lembaga, dan Non Government Organization. Tujuan Lokakarya ini adalah Mencetak tenaga – tenaga assessor kompetensi kerja dibidang penanggulangan bencana yang handal guna mendukung program sertifikasi profesi dan peningkatan kualitas sumberdaya manusia.

ros_i3Untuk menjaga agar assessor dapat secara konsisten memiliki kinerja yang diharapkan perlu dipersiapkan pula suatu mekanisme yang dapat menjalankan fungsi informasi, komunikasi maupun hubungan kerja antara BNSP dengan assessor. Disamping itu perlu dipersiapkan pula suatu aturan yang tegas dan jelas, agar assessor termotivasi terus menjaga kualitas uji kompetensi yang dilaksanakan. Lokakarya Asessor Kompetensi Kerja Sektor Penanggulangan Bencana ini  secara resmi dibuka oleh Kepala Biro Umum dan Kerjasama BNPB, Bpk. Drs. Sugiarto . Narasumber Lokakarya berasal dari tenaga Asessor dan dibantu oleh Master Asessor  BNSP sebagai pengawas, sedangkan materi pengajaran adalah standar – standar kompetensi yang diperlukan oleh  seorang assessor kompetensi yaitu : TAA ASS 401C Merencanakan dan mengorganisasikan asesmen, TTA ASS 402C Melaksanakan asesmen serta TAA ASS 403B Mengembangkan perangkat asesmen. (Ros)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s